Dr. Jekyll dan Mr. Hyde !!!


Setiap orang di dunia selalu bersosialisasi dengan orang lain. Dalam bersosialisasi orang akan berinteraksi dengan individu yang lain. Berinteraksi dengan orang lain seorang individu perlu mengenal satu sama lain. Dengan cara mengenal kepribadian masing-masing. Namun bagaimana halnya bila seseorang memiliki dua kepribadian.

Menikmati Kehidupan Yang Lain
Dengan Kepribadian Yang Kedua


Judul Novel : Dr. Jekyll dan Mr. Hyde
Penulis : Robert Louis Stevenson
Penerbit : Narasi
Cetakan : Pertama,2007
Alih Bahasa : Olenka Munif
Tebal : 123 halaman
Harga : Rp 18000

Setiap orang didunia memiliki warna sikap yang berbeda-beda. Ada yang lebih menonjolkan sikap baiknya. Dan ada juga yang lebih menonjolkan sifat buruknya. Perbedaan tingkah laku yang diperbuat seseorang, itu tidak lepas dari berbedanya karakteristik kepribadian seseorang. Seseorang cendrung berbuat baik karena memiliki kepribadian yang baik. Dan seseorang cendrung bersikap buruk, itu disebabkan karena tertananam kepribadian yang buruk dalam diri orang tersebut.
Kebanyakan orang di dunia memiliki satu kepribadian. Dimana kepribadian tunggal ini akan merefleksikan secara jelas pola tingkah laku seseorang. Namaun lain halnya dengan orang yang memiliki dua kepribadian. Atau yang kita lebih kenal dengan kepribadian ganda. Orang-orang yang memiliki kepribadian ganda biasanya memiliki perubahan sikap yang sangat drastis. Satu menit menjadi orang yang baik hati, menit berikutnya jangan salah bisa menjadi seseorang yang tampaknya siap mencekik lehermu. Mungkin hal inilah yang menarik minat Robert Louis Stevenson untuk menulis novel “Dr.Jekyll dan Mr. Hyde”
Novel yang mengambil setting di ini menceritakan tentang seorang dokteryang dimana dalam hidupnya selalu berkecukupan. Ia lahir dalam keluarga kaya. Ia juga selalu mendapat rasa hormat dari teman-temannya yang baik dan bijak. Akhirnya ia sampai pada masa kebahagiannya yaitu ketika ia merefleksikan dirinya kepada orang lain dan mulai melihat keadaan sekelilingnya. Saat itulah Dr. Jekyll melakuakn penggandaan kehidupan. Sebelumnya Dr. Jekyll ragu-ragu mempraktekkan teorinya. Teori yang menyatakan bahwa seseorang masing-masing memiliki dua kepribadian. Kepribadian yang pertama merupakan kepribadian yang telah muncul sejak kita lahir. Dan kepribadian yang lainnya tertanam dalam diri kita dan menunggu untuk muncul untuk menggantikan posisi kepribadian yang pertama.
Telah lama Dr. Jekyll mempersiapkan bahan-bahannya. Yang ia beli di toko obat grosir. Dan pada suatu tengah malam ia menyatukan semua bahan, menatapnya mendidih dan mengeluarkan asap. Kemudian dengan segera ia meminum habis ramuan itu.
Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh buku ini antara lain :
Cover yang dipakai oleh pengarang sangat serasi dengan isi cerita. Cover yang berwarna hitam mencirikan bahwa ada fenomena mengerikan yang terkandung dalam isi cerita. Dan gambar gelas kimia berwarna hijau pada covernya menandakan bahwa tokoh utama memiliki profesi yang berkaitan erat dengan laboratrium;
Kwalitas kertas yang baik dipadukan dengan hasil cetakan yang bagus menghasilkan suatu bacaan yang enak dipandang mata serta menarik minat pembaca untuk membacanya;
Kisah Dr. Jekyll dan Mr.Hyde yang ditulis oleh pengarang berkebangsaan Skotlandia ini sangat menarik untuk dibaca. Karena dalam karangannya ini penulis mengajak pembaca untuk menjadi detektif dari bab pertama hingga sembilan. Yang dimana tokoh yang menyelidiki kasus ini adalah Mr. Utterson si pengacara yang tidak lain adalah teman baik dari Dr. Jekyll. Awal kasus ini bermula ketika teman baiknya (Dr. Jekyll) memberikannya sebuah surat wasiat. Surat ini berisikan tentang pelimpahan kekayaan Dr. Jekyll kepada seseorang yang bernama Edward Hyde apabila Jekyll meninggal dunia. Namun bila hilang atau lenyapnya Dr. Jekyll selama tiga bulan maka secara otomatis seluruh kekayaanya akan dilimpahkan kepada Edward Hyde. Dari isi surat itulah Mr. Utterson mulai curiga. Kenapa pada isi surat itu berisikan pernyataan bila hilang atau lenyapnya Dr. Jekyll ? Masalah apakah yang sedang dihadapi oleh temanku ? Utterson mulai mencari tahu apa yang sedang terjadi dengan Jekyll Tua itu. Ia lalu berusaha untuk menemui temannya dan menayakannya secara langsung namaun sia-sia saja. Dr. Jekyll tidak mau mengatakan masalah apa yang sedang terjadi. Kemudian ia menemui ahli waris Dr. Jekyll yaitu Mr. Hyde. Namun tidak memperoleh informasi apa-apa dari orang yang berperawakan cebol tersebut. Utterson kembali mencari petunjuk yang berkaitan dengan masalah yang sedang ia tangani ini. Barulah pada bab sepuluh atau bab terakhir “Pernyataan Lengkap Henry Jekyll” disana semuanya terungkap. Pada bab ini dikisahkan bahwa Dr. Jekyll melakukan percobaan. Percobaan untuk memisahkan kepribadiannya. Dan ternyata percobaan tersebut berhasil. Dengan meminum ramuan yang dibuatnya sendiri, Jekyll dapat berubah bentuk menjadi perawakannya yang lain yaitu, Mr. Hyde. Dan bila meminum penawarnya ia akan kembali menjadi Jekyll tua. Namun dalam kepribadiannya sebagai Mr. Hyde, Jekyll merasa bahwa ada sesuatu yang jahat dalam dirinya. Pada bab ini Jekyll mengakui serentetan pembunuhan yang terjadi merupakan ulahnya yang berkepribadian sebagai Mr. Hyde. Semakin lama kepribadian Hyde dalam dirinya semakin kuat mempengaruhinya. Karena takut akan kehilangan hartanya oleh karena bila tidak bisa berubah kembali ke wujud Dr. Jekyll. Maka ia membuat surat wasiat dan melimpahkan seluruh hartanya kepada Mr. Hyde yang tidak lain adalah dirinya sendiri.
Dalam menceritakan kisah Dr. Jekyll dan Mr.Hyde, Stevenson sering menggunakan berbagai macam majas. Diantaranya adalah :
· Majas Metafora : “Rasa kasih sayangnya bgaikan Bunga Ivy (baris ke-17 ,hal ke-13); “Kami harus menjauhkan para wanita dari jangkauannya karena mereka menjadi liar bagai binatang liar”(baris ke-14, hal ke 17).
· Majas Hiperbola : “Sumsum tulang belakangku bagai dialiri es (baris ke-19, hal ke 13); “Darah mengalir dingin di pembuluhnya” (baris ke-4, hal ke53).
· Majas Paradoks : “Ia dapat membayangkan jalanan yang diterangi lampu-lampu di malam yang gelap”(baris ke-3, hal ke-26).
· Majas Personifikasi : “Hingga pukul sepuluh, toko-toko mulai tutup, jalanan mulai sepi, dan selain lolongan dari seluruh penjuru London (baris ke-23, hal ke-27).

Namun hasil karya yang melegenda seperti Dr. Jekyll dan Mr. Hyde ini, tidak lepas dari ketidak sempurnaan. Kekurangan itu berupa : 1. tidak adanya penjelasan emgenai istilah-istilah asing yang digunakan seperti istilah jugernaut (hal ke-16), bagpipe (hal ke-17), flat (hal ke-31),dan pede claudo (hal ke-33); dan kesalahan dalam mencetak seperti pada hal 36 bertuliskan yanjg seharusnya yang.
Novel yang berbau horor ini saya sarankan bagi para pembaca yang menggemari tentang cerita horor monster karena dalam karangan ini penjahat bukanlah sesuatu yang bersifat fisik seperti monster bertaring dan berbulu yag menyelinap dalam kabut. Horor yang sebenarnya adalah kenyataan bahwa semua orang mampu melakukan kejahatan dengan berbagai alasan. Dan bisa jadi si penjahat ada didlm jiwa Anda, di dalam sisi gelap setiap manusia.



0 Response to "Dr. Jekyll dan Mr. Hyde !!!"

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme